-->

Pages

Tuesday, September 12, 2017

Breanah Croptop KAL dan Review Benang Rajut Onzie

Agustus kemarin menjadi bulan sibuk dengan banyak hal baru. Saya mulai aktif ngantor lagi nih setelah dua tahun leyeh-leyeh nikmat tiada tara jadi IRT haha.. Berbarengan di bulan Agustus juga, saya bergabung dengan komunitas perajut Indonesia di akun have fun with yarn.



Komunitas have fun with yarn ini beneran seruuuuu banget, inspiratif, penuh semangat, dan memacu saya untuk belajar banyak hal baru di dunia rajut-merajut. Awalnya, saya cuma terbiasa dengan rajutan crochet. Rajutan crochet menggunakan satu jarum yang sering disebut hook/hakpen. Selama ini saya hanya mengerjakan rajutan crochet untuk aksesoris saja seperti dompet dan tas. Saya jarang bikin rajutan wearable alias rajutan yang dipakai di badan, karena saya kurang sreg dengan hasil rajutan wearable menggunakan teknik crochet yang menurut saya hasilnya lebih tebal, kurang cocok dengan iklim tropis, dan motifnya banyak bolong-bolongnya (pola yang banyak beredar sih begitu, jarang saya lihat rajutan crochet yang rapat). Saya lebih suka rajutan wearable yang menggunakan teknik knitting, knitting ini merajut dengan dua jarum yang sering disebut knitting needle/jarum knitting. Saya sebenarnya sudah lamaaaaaa kepingin banget belajar knitting. Efek racun dari komik-komik Jepang yang bercerita kalau tiap valentine banyak anak cewek yang merajut sweater untuk anak cowok yang disukai, romance amat yes :D Buat yang ingin tahu lebih jelas tentang bedanya crochet dan knitting bisa lihat di sini.




Have fun with yarn mengajak saya melintasi batas kemampuan ini :D Pertama gabung dengan grupnya, pas banget ada pengumuman KAL (knit along) atau event merajut knitting bersama-sama. Dalam KAL biasanya para anggota akan diberikan pola yang sama, dan dikerjakan secara bertahap sesuai jadwal yang ditentukan. Serunya, kalau KAL kita jadi terpacu untuk mengerjakan, karena ada deadline jadwal dan banyak temen barengannya :D. Nah, tempo hari itu ada pengumuman Lacy Croptop KAL, bikin atasan berbentuk croptop dengan motif lace. Aduh lihat foto bentuk jadinya yang unyuuuuu banget, saya gak tahan banget buat ndaftar ikutan KAL. Bonek nih, bondo nekat, level beginner aye-aye mo bikin croptop. Tapi yaaaaa, ndaftar juga sih hahahaha....


And I was so lucky to join the KAL. Moderatornya mbak Sally Yanita super sabar dan super keren, ilmu yang dibagi banyaaaaak... Walaupun harus banyak kuota internet soalnya streaming Youtube melulu :D Lhaaa gimana lagi, lebih enak nonton video kan buat belajar knitting, kalo cuma gambar atau penjelasan doang mah belibet. Total KAL nya ada 6 minggu, bertahap dari bikin krah, lalu bagian dada, bagian body, terakhir lengan. 


Selain belajar teknik baru, saya juga kenalan sama benang baru. Yang tadinya cuma tahu benang tas (polycherry dan nylon) yang relatif keras teksturnya, sekarang pakai benang lembuuuutt... tangannya ampe kaget biasa kerja keras sekarang harus pake perasaan :D Saya pakai benang onzie, beli di mayacraft. Benangnya tebal, tapi lembut, dan lentur, enak banget dirajutnya. Dan cakepnya lagi, saya udah coba cuci benang ini pake mesin cuci, cuci barbar lah dicampur ama baju lain pake rinso dan dikeringin juga :D dia gak berubah dan gak luntur, hanya sedikit berbulu tapi masih tolerable, masih cakep lah dipakenya. Jenis benangnya karena ply nya tebal, ya hangat lah ya dipake.




Untuk croptop ini, asalnya panjangnya pas puser seksi2 gitu, tapi untuk versi saya, saya panjangin bodynya sampai bawah. Jadi sebenernya udah bukan croptop lagi, melainkan top doang ga pake crop :D. Saya buat untuk ukuran anak saya, XS, dan jadi bagus deh, pas dipake sama anak saya (memuji diri sendiri nih haha). Oiya, polanya free lhoo... di-reveal oleh moderator di minggu terakhir KAL. Untuk yang berminat, bisa download polanya di sini.




Secara keseluruhan, saya puas banget sama hasilnya, dan udah punya banyak rencana proyekan knitting baru nih di kepala. Nagih beneran! :D Sekali lagi terima kasih yaa.. buat komunitas super seru have fun with yarn, buat moderator, buat para master knitting baik hati yang upload video knitting di Youtube. Lope lope lope you all!


No comments:

Post a Comment