-->

Pages

Friday, December 29, 2017

Catatan Akhir Tahun

Akhir tahun ini diwarnai dengan tanggal merah berjejer di kalender. Sebentar lagi waktunya mengganti kalender lama dengan angka tahun yang baru. Jatah 365 hari di tahun 2017 sudah hampir sampai di ujungnya. Dipikir-pikir, apa yang sudah saya kerjakan di tahun ini ya?


1. Lulus kuliah. Blessing banget ini. Sejujurnya saat memulai, saya sendiri ragu-ragu, bisa nggak menyelesaikannya nanti. Alhamdulillah semuanya dilancarkan dan dipermudah. Dukungan keluarga adalah support terbesar saya, terutama di waktu injury time.


2. Kembali ngantor lagi. :D Karena kontrak cuti sekolah berakhir, berakhir juga kontrak sebagai SAHM. Balik lagi jadi ibu bekerja. Saya bersyukur anak-anak sudah mulai bisa mengerti. Walaupun Adek masih suka demonstrasi kalau ditinggal berangkat ngantor, tapi demonstrasi itu tanda cinta, jadi saya menerimanya dengan penuh kasih sayang. "Hilang"nya jam-jam kebersamaan karena harus digantikan dengan jam kantor, membuat kami lebih menikmati momen berkumpul bersama. Sekarang setiap malam kami menikmati leyeh-leyeh bersama (Adek masih di usia yang seneng ndusel-ndusel, meluk dan ngelendotin ibunya) sambil menjalankan kesenangan masing-masing. Kakak biasa bercerita tentang sekolahnya hari itu, atau membaca, atau sekadar duduk menonton televisi bersama.


Kadang-kadang berebut atau bertengkar dengan Adek, membuat kami sibuk melerai dan membujuk untuk saling berbaikan, Sometimes it was easy, sometimes took longer time and more effort (and Batman voices, too). Keramaian yang selalu saya rindukan setiap kali berada di luar rumah. Saya sendiri biasa menghabiskan waktu untuk merajut, atau membaca, atau sekadar uwel-uwelan dengan anak-anak. My most precious time.


3. Menyelesaikan beberapa proyekan kreatif, the taraaa! moment, amigurumi Annie boneka matryoshka, Spice of Life blanket, tas rajut Hexagonal, dan atasan croptop Breanah. Banyak juga ya, saya jadi lumayan merasa bangga. :D Ah, lihat, instagram best nine (btw akunnya @astutibaning, monggo follow ;p) pun menunjukkan tahun yang kreatif. Walaupun nggak sebanyak suhu-suhu crochet/knit yang lain, tapi bagi saya setiap berhasil menyelesaikan satu project, itu prestasi. Saya menikmati setiap proses dalam membuat karya handmade, terutama merajut. Merajut menjadi semacam terapi untuk merilekskan pikiran yang sibuk dan bising sepanjang hari. Membuat karya handmade adalah momen me time  Walaupun sering tidak sempurna dan ada kesalahan/kekurangan di sana-sini, namun setiap sentinya dibuat dengan cinta.


4. Membaca kembali. Tahun belakangan, frekuensi membaca saya menurun drastis. Hobi yang lebih banyak saya tekuni adalah merajut. Progress di blog sebelah jadi nggak maju-maju, pun di Goodreads. Tapi akhir-akhir ini, saya mulai menikmati membaca kembali. Hanya kali ini tipe bacaan saya sedikit berubah. Saya saat ini cenderung memilih buku non fiksi, dengan tema sehari-hari seputaran diri sendiri dan lingkungan sekitar, keluarga, rumah, tentang hal-hal yang saya temui sepanjang hari. Saya juga sedang suka dengan buku yang memiliki banyak gambar indah, baik ilustrasi maupun foto. Gambar membantu otak saya mencerna apa yang ditulis, dan mengistirahatkan mata dari jenuh tulisan dengan menikmati warna dan foto/ilustrasi yang indah. Warna-warni cerah dan gambar yang indah seringkali menginspirasi.



5. Menulis kembali. Tahun ini saya juga mulai aktif menulis kembali di blog. Saya rindu menulis. Di sini saya bisa berbagi tentang cerita keseharian, hal-hal yang menyenangkan, dan hobi yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya. Saya ingin lebih banyak menulis dan berbagi. Saya senang membaca kembali apa yang saya posting di blog, mengingat kenangan yang ditulis di dalamnya, hal-hal yang menyenangkan, membuat tersenyum saat mengenangnya kembali.
"There are three keys to a successful blog and they are good content, a clear and simple layout and a spirit of generosity, tolerance, inclusion and kindness." Rhonda Hetzel (Down to Earth) 


Di akhir tahun ini, yang sarat dengan suasana festival (liburan, diskon di berbagai pusat perbelanjaan, harbolnas) saya mendapatkan bingkisan kado. Baik dari Mr. Coffeeholic, anak-anak, maupun yang saya beri untuk diri sendiri. Tempo hari saya mendapatkan waktu me time untuk sekadar creambath di salon langganan dekat rumah. Saya mengambil paket creambath ginseng serta massage bahu dan punggung. Tidak makan waktu lama, tapi sungguh-sungguh merilekskan otot leher, punggung dan kepala. Dan secangkir teh herbal hangat menutup rangkaian terapi. Rasanya pas keluar dari salon itu freeeeeshh...


Saya juga membeli setumpuk buku, ada buku-buku Kakak, dan ada juga buku-buku emaknya. Sebagian adalah traktiran Mr. Coffeeholic dan sebagian lagi traktiran Telkomsel poin di penghujung tahun sebelum poinnya hangus (alias tuker poin) :D Buat yang belum tahu bahwa Telkomsel poin bisa ditukar dengan voucher Gramedia, ada di sini cara penukarannya.


Lihat, saya bahkan berhasil mendapatkan sepasang komik versi bahasa Jepang dan Indonesia! Versi Jepangnya adalah hadiah pembelian beberapa waktu yang lalu (setiap pembelian komik terbitan MnC berhadiah satu komik terbitan Jepang). Tempo hari, saya berhasil mendapatkan versi terjemahannya. Ini wish list Kakak, nih.


Ada juga beberapa buku travel sketch, saya tertarik nih. Saya jadi ingat dengan Mbak Sheila, saya mengikuti feed beliau dan suka membaca dan melihat coretan-coretannya. Jarang-jarang ada buku travel sketch lokal, maka saya membelinya.


Saya juga sempat meluangkan waktu bersama Mr. Coffeeholic untuk berjalan-jalan. Ngabur dari kantor sebentar sih, maksudnya. :D Pergi nonton Star Wars. Walaupun saya bukan fans Star Wars (saya lebih suka Coco, sebetulnya), tapi filmnya cukup seru kok ditonton.


Ah.. ada banyak kenangan dan cerita di tahun 2017. Ada banyak kebahagiaan dan kebersamaan bersama orang-orang tercinta. Di tahun 2018 nanti, ada banyak doa dan harapan. Semoga saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, dan semoga tahun yang akan datang menjadi tahun yang penuh keberkahan, lebih semangat, lebih kreatif, dan lebih bermanfaat bagi kita semua. Bismillahirrahmanirrahim.
"May your coming year be filled with magic and dreams and good madness. I hope you read some fine books and kiss someone who thinks you're wonderful, and don't forget to make some art -- write or draw or build or sing or live as only you can. And I hope, somewhere in the next year, you surprise yourself." - Neil Gaiman

Happy New Year! 


No comments:

Post a Comment